Folaplus: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Folaplus: Manfaat, Dosis, Efek Samping - Hallo sahabat Sahabat Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Folaplus: Manfaat, Dosis, Efek Samping, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Informasi Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Folaplus: Manfaat, Dosis, Efek Samping
link : Folaplus: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Baca juga


Folaplus: Manfaat, Dosis, Efek Samping

folaplus-sahabatkesehatan

Sahabatkesehatan99 – Folaplus obat apa? Folaplus adalah suplemen dengan kandungan asam folat dan vitamin B kompleks. Suplemen ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin selama kehamilan. Ketahui selengkapnya tentang Folaplus mulai dari manfaat, efek samping, dosis, petunjuk penggunaan, dan lainnya!

Rangkuman Informasi Obat Folaplus

Nama ObatFolaplus
Kandungan ObatAsam folat, Vitamin B6, vitamin B12
Golongan ObatSuplemen
KategoriObat bebas
Manfaat ObatMemenuhi nutrisi ibu hamil dan menyusui
Dikonsumsi olehDewasa
KontraindikasiHipersensitif
Sediaan ObatKaplet

Kandungan dan Cara Kerja Folaplus

Folaplus memiliki kandungan asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12. Ketiga vitamin ini memiliki peran pentin selama kehamilan. Berikut adalah peranan ketiga vitamin tersebut selama masa kehamilan:

1. Asam folat

Asam folat adalah vitamin terpenting selama kehamilan, bahkan asam folat juga disarankan untuk dikonsumsi selama masa persiapan kehamilan. Asam folat memiliki peranan penting dalam pembentukan DNA dan RNA. Konsumsi asam folat dapat menurunkan risiko cacat bawaabn lahir dan juga menurunkan risiko keguguran.

2. Vitamin B6

Kebutuhan setiap vitamin akan meningkat selama masa kehamilan, begitu juga dengan kebutuhan vitamin B6. Selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 selama masa kehamilan, manfaat lain dari vitamin B6 adalah dapat membantu meredakan gejala mual atau mornin sickness yang banyak dialami oleh ibu hamil.

3. Vitamin B12

Kandungan ketiga dari folaplus adalah vitamin B12 yang juga tidak kalah penting selama masa kehamilan. Manfaat vitamin B12 hampir sama dengan asa folat, yaitu berperan penting dalam sintesis DNA, mencegah cacat lahir, dan berperan dalam pembentukan sel darah.

Manfaat Folaplus

Manfaat Folaplus secara umum adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Jika dijabarkan, berikut adalah beberapa kegunaan Folaplus kaplet:

  • Memenuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil dan menyusui
  • Menurunkan risiko anemia selama kehamilan
  • Mencegah cacat lahir
  • Menjaga kesehatan ibu hamil secara keseluruhan

Dosis Folaplus

Folaplus hadir dalam sediaan kaplet dengan kandungan 400 mcg asam folat, 6 gram vitamin B6 , dan 25 mcg vitamin B12. Berikut adalah dosis Folaplus kaplet yang disarankan:

  • Dosis Folaplus: 1 kaplet, diberikan satu kali sehari.

Dosis di atas adalah dosis yang lazim diberikan. Dosis mungkin dapat berubah sesuai dengan kondisi dan juga kebutuhan. Gunakan Folaplus sesuai dengan dosis yang disarankan dan jangan pernah mengganti dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter maupun apoteker.

Petunjuk Penggunaan Folaplus

Penggunaan Folaplus sebaiknya digunakan sesuai dengan aturannya. Berikut adalah petunjuk penggunaan Folaplus:

  • Folaplus sebaiknya dikonsumsi setelah makan atau bersamaan dengan makanan.
  • Folaplus kaplet dikonsumsi dengan cara langsung ditelan bersama air.
  • Gunakan Folaplus sesuai dengan dosis yang disarankan.
  • Gunakan Folaplus pada jam yang sama setiap harinya.
  • Jika dosis terlewat, segera konsumsi selagi ingat. Namun apabila lebih mendekati waktu dosis selanjutnya maka cukup konsumsi dosis selanjutnya saja.
  • Jika tidak sengaja menggunakan suplemen ini melebihi dosis yang disarankan, segera konsultasikan dengan dokter.

Petunjuk Penyimpanan Folaplus

Simpan Folaplus sesuai dengan petunjuk penyimpanannya untuk mencegah obat rusak dan efektivitasnya menurun. Berikut adalah petunjuk penyimpanan Folaplus yang harus diperhatikan:

  • Simpan Folaplus pada suhu ruangan.
  • Simpan Folaplus di tempat kering dan tidak lembap, jangan simpan di kamar mandi.
  • Hindari Folaplus dari cahaya atau sinar matahari langsung.
  • Hindari Folaplus dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Jika obat sudah memasuki masa expired, jangan buang obat sembarangan, tanyakan pada apoteker tentang petunjuk pembuangan obat ini.

Efek Samping Folaplus

Setiap obat berpotensi menimbulkan efek samping, begitu juga dengan Folaplus. Efek samping Folaplus yang mungkin terjadi seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Kembung
  • Sensasi tidak nyaman pada perut
  • Diare
  • Penurunan nafsu makan
  • Reaksi alergi

Efek samping di atas tidak selalu terjadi. Efek samping dapat terjadi akibat penggunaan obat berlebihan, interaksi obat, penggunaan jangka panjang, atau karena kondisi tertentu dari setiap pasien yang tentunya berbeda-beda.

Jika Anda merasakan gejala efek samping serius atau reaksi alergi, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan hentikan penggunaan obat.

Interaksi Obat Folaplus

Interaksi obat dapat terjadi ketika Folaplus digunakan bersama dengan jenis obat-obatan lain tertentu. Interaksi obat menyebabkan efektivitas obat menurun dan dapat meningkatkan potensi terjadinya efek samping. Sahabatpoker

Jenis obat yang sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan Folaplus adalah:

  • Obat antikonvulsan
  • Barbiturat
  • Methotrexate
  • Pyrimethamine

Diskusikan dengan dokter untuk mengetahui daftar lengkap obat yang sebaiknya tidak digunakan bersama Folaplus. Beri tahu dokter apabila Anda sedang mengonsumsi atau belakangan mengonsumsi obat-obatan tertentu termasuk obat resep, non-resep, hingga obat herbal.

Konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan interaksi obat, maka sebaiknya dihindari. Diskusikan juga dengan dokter tentang jenis makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari selama penggunaan obat Folaplus untuk menghindari interaksi obat.

Peringatan dan Perhatian Folaplus

Folaplus termasuk ke dalam kategori obat bebas yang penggunaannya tidak harus menggunakan resep dokter. Gunakan obat ini dengan hati-hati untuk menjaga keamanannya. Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu menjadi peringatan dan perhatian selama penggunaan obat Folaplus:

  • Hindari penggunaan Folaplus pada pasien yang hipersensitif terhadap komponen yang terkandung dalam obat ini.
  • Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi makanan bergizi selama hamil dan menyusui.

Harga Folaplus

Harga Folaplus dapat berbeda-beda di setiap apotek atau toko obat. Harga pasarannya adalah mulai dari Rp9.000 hingga Rp13.000 untuk satu stip berisikan 10 Folaplus kaplet. Obat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek secara langsung maupun online.

 



Demikianlah Artikel Folaplus: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Sekianlah artikel Folaplus: Manfaat, Dosis, Efek Samping kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Folaplus: Manfaat, Dosis, Efek Samping dengan alamat link https://sahabatkesehatan99.blogspot.com/2019/07/folaplus-manfaat-dosis-efek-samping.html

0 Response to "Folaplus: Manfaat, Dosis, Efek Samping"

Post a Comment